Program pendidikan kesehatan masyarakat merupakan bagian dari bentuk pengabdian kepada masyarakat, bagi mahasiswa di lingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Program ini menerapkan ilmu kesehatan dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat untuk menolong dirinya sendiri dalam mencapai derajat kesehatan yang optimal baik fisik, mental maupun sosial dengan mengadakan pemeliharaan dan peningkatan kesehatan untuk individu, keluarga dan lingkungannya.

Kegiatan ini sejalan dengan pembangunan kesehatan yang merupakan salah satu unsur peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dalam perkembangan pembangunan kesehatan selama ini telah terjadi perubahan orientasi, baik tata nilai maupun pemikiran, terutama mengenai upaya pemecahan masalah di bidang kesehatan.

Berdasarkan dasar pemikiran tersebut Fakultas Ilmu kesehatan perlu untuk melaksanakan program pendidikan kesehatan masyarakat ini selain sebagai program akademik bagi mahasiswa tingkat akhir pada Program Studi D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, dan D3 Analis Kesehatan juga sebagai wujud nyata pengabdian dan sumbangsih seluruh civitas akademika Fakultas Ilmu kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya bagi masyarakat.

Leave a Comment