Sebagai sebuah institusi pendidikan yang terus berkembang menjadi sebuah keniscayaan untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dan stakeholder. Pada 1 september 2016 jajaran dekanat FIK UM surabaya yang terdiri dari: Nur Mukarromah, Mundakir dan Supatmi melakukan pertemuan dengan Jeffrey S.C. Hsiao yang merupakan Director General Taipei Economic and Trade Office di Surabaya. Pertemuan ini selain membahas kerjasama yang telah dilakukan FIK UM Surabaya dengan NCKU Taiwan, pihak Kantor Ekonomi dan Dagang Taiwan juga menjelaskan tentang berbagai kemudahan pelayanan pengurusan Visa yang sekarang bisa dilakukan di Surabaya.

Mr. Jeffrey juga bercerita bahwa banyak TKI asal Jawa Timur yang saat ini bekerja di Taiwan, bahkan 60% dari total TKI berasal dari Jatim. Selain TKI di Taiwan juga ada ribuan mahasiswa asal Indonesia sehingga pengurusan Visa di surabaya menjadi keniscayaan. Sejak dibuka  bulan desember hampir setiap hari mereka melayani 100 pengajuan Visa.

Pihak FIK memberikan apreasiasi terhadap dibukanya pelayanan Taipei Economic and Trade Office sehingga mempermudah jika nantinya ada pertukaran mahasiswa, staff atapun dosen dari kedua negara. Selain itu pihak FIK juga terus berusaha mengembangkan kerjasama dalam hal peningkatan skill mahasiswa dan juga peluang kerja di Taiwan.

Taipei Economic and Trade Office yang merupakan perwakilan resmi negara Taiwan juga memberikan apresiasi positif terhadap Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia khususnya UM Surabaya. Institusi Muhammadiyah dipercaya sebagai organisasi yang baik dan berkualitas terlihat dari kerjasama yang dilakukan dengan NCKU- Taiwan. Bahwa NCKU dikatakan Mr. Jeffrey merupakan universitas terbaik yang ada di kawasan selatan Taiwan sehingga tidak salah jika FIK UM Surabaya menjalin kerjasama untuk saling memngembangkan institusi.

Pertemuan ini juga merencanakan dalam waktu dekat atas inisiatif Economic and Trade Office dan FIK UM Surabaya melakukan Job Fair yang tentunya akan membuka peluang bagi lulusan UM Surabaya untuk bisa bekerja di luar negeri. Selain hal tersebut pihak Taipei Economic and Trade Office juga merencanakan pertemuan tindak lanjut mengenai berbagai peluang yang bisa dilakukan oleh kedua belah pihak baik dalam hal pendidikan, tenaga kerja, dan sosial kebudayaan.

Di akhir pertemuan pihak FIK UM Surabaya  akan terus mempererat dan memperkokoh kerjasama yang telah dilakukan dengan NCKU dan juga Taipei Economic and Trade Office guna meningkatkan kualitas akademik yang selama ini terus dikembangkan.

Leave a Comment