Kehidupan akademis selalu punya tantangan untuk menjawab dinamika  kehidupan beserta selurah aspeknya. Postmodernisme dengan seluruh kekuatan dan kecenderungan kultural-nya telah menjadi bagian dari sendi-sendi kehidupan. Salah satu efeknya dari kecenderungan tersebut adalah speed, flash serta luntur dan lumernya batasan. Infomasi yang begitu cepat tersebar dan perkembangannya yang seperti kilatan cahaya memaksa kita yang tak punya banyak waktu tergilas dengan alirannya.

Forum pemikiran akademis sejak masa Ashabuss Shuffah hingga generasi Frankfurt School selalu memiliki kegelisahan yang sama untuk bisa membaca dan memberikan kontribusi pandangan pada dunia yang selalu bergerak. Kegelisahan dan kecemasan akan masyarakat yang berubah seiring perkembangan ilmu pengetahuan namun di sisi yang lain juga terkepung oleh informasi yang mungkin tidak selalu benar. Akademisi dengan segenap pengetahuan yang mereka miliki jelas punya tanggung jawab moral untuk menyumbangkan ide bagi wacana kehidupan yang lebih baik.

Menangkap hal-hal diatas, civitas akademika Fakultas Ilmu Kesehatan tentunya juga menanggung beban untuk mengembangkan pemikiran yang sejalan dengan problematika kehidupan. Maka lahirlah Faculty Hits atau Health Initiative Sharing.  Sebuah forum diskusi ilmiah berkala yang diselenggarakan tiap bulan dengan tema-tema kontemporer. Tahun pertama ini kami mengambil tema utama “Health Discourse and Academic Atmosphere Strengthening”. Tema itu kami proyeksikan dengan harapan bahwa wacan-wacana kesehatan yang berkembang baik secara global maupun lokal bisa kami kaji secara lebih mendalam, dan tentu juga sebagai upaya penguatan astmosfer akademik bagi seluruih civititas Fakultas Ilmu Kesehatan UMSurabaya.

Health Initiative Sharing yang dilandasi semangat berbagi  akan menjadi forum ilmiah tempat seluruh civititas akademika  Fakultas Ilmu Kesehatan UMSurabaya mendedahkan ide-ide yang berkaitan dengan kesehatan dan mendiskusikannya secara detail, mendalam dan berkelanjutan. Telah banyak forum ilmiah sejenis yang diselengarakan di internal kampus, namun dengan kekhususannya pada bidang kajian kesehatan forum ini akan menemukan hits-nya di antara belantara forum diskusi lain.

Dari Ashabuss Shuffah hingga generasi Frankfurt School telah menjadi legenda dan baromemeter kajian akademis pada bidang yang mereka kaji. Tawaran Faculty Hits pada bidang kesehatan tentu akan menambah wacana pengembangan kesehatan menjadi lebih berwarna dan variatif di masa yang akan datang dan tentu akan menjadi basis penguatan atmosfer akademik yang patut diperhitungkan perjalanannya. Ashabuss Shuffah dan Frankfurt School telah banyak memberikan kontribusi dan melahirkan pemikir-pemikir modern di masanya. Faculty Hits dengan mengambil jalan yang sama juga berharap bisa mengawal wacana kesehatan dan melahirkan para pemikir yang kompeten di bidangnya.

Sekali lagi Faculty Hits tentu tak akan hanya menjadi pusat diskusi akademisi yang duduk di menara gading, melainkan juga memberikan sumbangsih secara luas, baik masyarakat akademis maupun juga masyarakat pada umumnya. Sudah saatnya akademisi turun gunung di mulai dari rumah kita bersama, dari Fakultas Ilmu Kesehatan  UMSUrabaya.

Leave a Comment