SAGA (Sahabat Keluarga) Progam Studi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya

Pendampingan Kepada Masyarakat Dalam Menciptakan Lingkungan Bersih Yang Sehat Dan Mandiri.

Surabaya Green and Clean (SGC) merupakan terobosan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Surabaya sejak tahun 2005. Pada tahun 2017 tema SGC yang dikejar adalah eco-friendly living yang merupakan tindak lanjut dari tema sebelumnya . Eco-Friendly Living Atau kehidupan yang ramah lingkungan dan ekonomis adalah upaya untuk menghadirkan lingkungan bersih yang sehat dan mandiri. Salah satunya adalah pengolahan limbah yang harus berdampak lebih nyata.

Sejalan dengan pembangunan kampung sehat dan penerapan eco-friendly living dari pemkot kota surabaya maka, mahasiswa Progam Studi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya dalam Praktik Komunitas di Kelurahan Kejawan Putih Tambak Kecamatan Mulyorejo Surabaya mengadakan sebuah progam pendampingan kepada warga dalam menciptakan lingkungan bersih yang sehat dan mandiri dengan mengusung tema “ Kreatif, Aktif, Peduli, Mandiri dan Berakhlakul Kharimah dalam Menciptakan Lingkungan Sehat dan Hijau”. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk progam SAGA (Sahabat Keluarga) yang terus digalakkan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Kelurahan Kejawan putih tambak, daerah yang sangat dekat dengan TPA (Tempat pembuangan akhir) sampah, dengan hunian rumah penduduk yang padat, dan rata-rata penduduk dengan kelas ekonomi rendah, merupakan alasan utama diadakannya kegiatan tersebut. kegiatan yang diselenggarakan di daerah RT 3 RW 1 kelurahan Kejawan putih Tambak Kecamatan Mulyorejo Surabaya pada tanggal 6 Desember 2017 ini akan berisi :

  1. Puluhan pameran hasil inovasi dan kreatifitas warga dalam memanfaatkan sampah untuk didaur ulang menjadi produk yang bernilai jual, berupa tas, lampu, interior rumah, pot bunga, aksesoris dll.
  2. Pameran Bank Sampah hasil binaan mahasiswa kepada warga setempat. Bank sampah menjadi penting untuk dibuat dan difungsikan mengingat kebutuhan warga akan fasilitas desa yang masih belum terpenuhi, harapannya adalah hasil dari bank sampah akan berguna sebagai bentuk sumbangsih nyata perbaikan fasilitas desa.
  3. Pameran budidaya tanamam toga dengan model Hidroponik sebagai bentuk penghijauan dengan pemanfaatan lahan yang sempit.
  4. Peduli Penyakit Leprospirosis (Pembagian Puluhan Poster Seruan Pencegahan Leprospirosis melalui slogan 5M). Penyakit ini menjadi penting untuk dicegah mengingat angka kejadiannya terus meningkat pada musim penghujan.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Dr. Mundakir M.Kep menjelaskan bahwa kegiatan mahasiswa tersebut yang merupakan lanjutan progam SAGA Fakultas Ilmu Kesehatan adalah bentuk komitmen terhadap upaya meningkatkan kesejahteraan suatu masyarakat khususnya di lingkup keluarga. “ kami akan terus mendorong terwujudnya progam kesehatan pemerintah kota surabaya dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat inovatif bagi masyarakat sekitar” tuturnya.

Leave a Comment