Program Studi D3 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya menjalani asesmen lapangan  secara daring untuk akreditasi dari Badan Akreditasi Perkumpulan LAM-PTKes selama tiga hari, yakni Kamis, Jumat dan Sabtu (15-17/10/2020) di Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Surabaya.

LAM-PTKes menugaskan dua orang asesor untuk pelaksanaan asesmen tersebut yaitu Ns. I Ketut Alit Adianta SPd SKep MNS dan Herbasuki SKp MKes

Kegiatan dimulai pada hari Kamis, tanggal 15 Oktober 2020, pada pukul 08.00, dihadiri oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya, Dr. dr Sukadiono, M.M. Serta Wakil rektor 1, Dr. Aziz Alimul Hidayat, S.Kep, Ns, MKes. Dekan FIK Dr Mundakir.,S.Kep.,Ns.,M.Kep, Dr. Pipit Festy W, SKM, M.Kes, wakil dekan I.  Suyatno Hadi S, S.Kep, Ns, M.Ked.Trop wakil dekan II. Ketua Gugus Penjaminan Mutu, Baterun Kunsah, ST., M.Si. Kaprodi D3 Keperawatan, Eni Sumarlia,S.Kep.,Ns.,M.Kes dan sejumlah staf di lingkungan prodi tersebut.

Program Studi D3 Keperawatan berdasar SK Menteri Kesehatan RI No.: Hk.00.06.1.1.3331 tanggal 8 September 1993 secara resmi berdiri AKADEMI KEPERAWATAN (AKPER) di lingkungan UMSurabaya. Sekarang dikenal dengan Studi D3 Keperawatan.

Rektor UMSurabaya Dr dr Sukadiono MM menyampaikan dalam sambutannya bahwa FIK UMSurabaya dalam perkembangannya yg cukup pesat hingga saat ini, jumlah program studi bertambah yang sebelumnya hanya ada 4 prodi dan saat ini bertambah menjadi 7 program studi. Program studi D3 Keperawatan merupakan program studi yang tertua dibandingkan dengan prodi yang lainnya.

“Kami berharap nanti hasil dari akreditasi ini bisa lebih baik dari yang sebelumnya tentunya harapannya mendapatkan akreditasi unggul (A)” Ujar beliau.