Situasi pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda akhirnya membuat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah Ahli Madya Keperawatan, Teknologi Laboratorium Medik, Kebidanan dan Profesi Ners secara virtual, Selasa (27/10/2020).

Pelantikan dilaksankan secara offline dan online. Dimana secara offline dihadiri Ketua PWM Jawa Timur, Ketua PWA Jawa Timur, Ketua BPH UM Surabaya, Rektor, beserta Wakil Rektor, Ketua DPW PPNI Provinsi Jawa Timur dan Ketua DPD Kota Surabaya, Ketua IBI Provinsi Jawa Timur dan Ketua Cabang IBI Kota Surabaya, Ketua PATELKI Provinsi Jawa Timur dan Ketua Cabang PATELKI Kota Surabaya. Beserta 15 orang wakil lulusan dari masing-masing.

Ketua Assosiasi Institusi  Pendidikan (AIPNI, AIPViKI, AIPTLMI, AIPKIND), Seluruh Direktur Rumah Sakit, Kepala laboratorium  dan Industri, Kepala Puskesmas dan Kepala UPTD Griya Werdha sebagai Wahana  praktek Mahasiswa FIK UM Sby. Bapak/ibu undangan, peserta pengambilan sumpah dan pelantikan Lulusan Ahli Madya Keperawatan, Ahli Madya Ahli madya teknologi laboratorium medik, Ahli Madya Kebidanan dan Lulusan Ners Program Pendidikan  Ners tahun 2020 secara virtual melalui via zoom.

Meski lagi pandemi tidak menyurutkan semangat lulusan untuk mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah. Beberapa peserta pelantikan berada di rumah masing-masing yakni terjauh dari luar pulau jawa.

Acara dimulai dengan laporan pendidikan yang disampaikan oleh dekan FIK UM Surabaya. Dilanjut pembacaan Surat Keputusan  yang disampaikan oleh Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Kesehatan UM Surabaya.

“Pada pelantikan dan pengambilan sumpah kali ini, total lulusan yakni sejumlah 298 orang. Terdiri dari 38 mahasiwa Ahli Madya Keperawatan, 104 Teknologi Laboratorium Medik, 35 Kebidanan dan 122 Program Pendidikan Profesi Ners. Jelas Wakil Dekan I dalam pembacaan surat keputusan.

Puncak acara yakni pengambilan sumpah dan pelantikan lulusan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2020 yang diwakili oleh 4 mahasiswa masing-masing prodi.

Pengambilan sumpah langsung di pimpin oleh Organisasi Profesi yakni Ketua DPW PPNI Prof Dr. H. Nursalam, MNurs (Hons), Ketua DPW IBI Sri Hastuti, S.ST., M.M.Kes, dan Ketua DPW PATELKI Suripto, ST., M.Kes. Kemudian dilantik oleh dekan FIK UM Surabaya. Dilanjut penandatanganan naskah sumpah lulusan Ahli Madya Keperawatan dan Lulusan Profesi Ners, Ahli Madya Kebidanan, Ahli Madya Tekonologi Lab Medik dan diikuti dengan acara penyerahan Lulusan FIK kepada organinsai profesi serta dilanjutkan dengan acara penyematan PIN Tanda Keanggotaan organisasi profesi.

Acara dilanjut dengan sambutan wakil Lulusan yakni Citra Ayu L M, S.Kep.,Ns mahasiswi Program Studi Profesi Ners. Dalam sambutanya citra menyampaikan banyak terima kasih kepada orang tua, para dosen dan teman-teman yang selalu memberikan semangat dalam proses pembelajaran selam ini.

“Kami yakin, apa yang telah anda jalani selama proses pembelajaran di FIK merupakan bentuk perjuangan yang tidak sia-sia, dan semoga ilmu yang anda peroleh mendapatkan berkah dan membawa masa depan anda lebih baik” Ujar Dekan FIK UM Surabaya, Dr Mundakir S.Kep.,Ns.,M.Kep dalam laporan pendidikan.

“Setelah pelantikan dan pengambilan sumpah ini jangan menjadi akhir untuk kalian. Namun setelah ini kalian harus mempunyai mimpi (dream) yang harus kalian wujudkan. Semua harus berawal dari kemauan maka semua mimpi dan cita-cita kalian akan tercapai” Ucap Rektor UM Surabaya, Dr.dr Sukadiono, M.M dalam sambutannya.

Acara ditutup dengan pemberian penghargaan pada lulusan berprestasi dari masing-masing prodi. Meskipun acara dilaksanakan secara online namun tetap dapat berjalan dengan hidmat dan lancar.