Sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat, prodi S1 Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surabaya mengadakan pelayanan fisioterapi kepada masyarakat Mulyorejo Surabaya yang meliputi senam kebugaran, pemeriksaan fisioterapi, pelayanan fisioterapi anak, dewasa dan lansia. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 19 Juni 2022 bertempat di gedung pusat bisnis dan inovasi Universitas Muhammadiyah Surabaya. Acara dimulai dengan senam kebugaran di halaman parkir gedung pusat bisnis dan inovasi, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan dan pelayanan fisioterapi di lantai 2, tepatnya di laboratorium terapi latihan dan elektroterapi prodi Fisioterapi.

Tujuan pengabdian kepada masyakarat ini adalah untuk mengenalkan profesi fisioterapi sekaligus memberikan pelayanan fisioterapi secara langsung pada masyarakat yg memiliki keluhan gerak seperti nyeri lutut, nyeri punggung, permasalahan perkembangan bayi dan balita dan gangguan gerak pada lansia.

Masyarakat sekitar kampus sangat antusias dan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Mereka datang dengan berbagai macam keluhan nyeri gerak dan umumnya belum mengetahui peran profesi fisioterapi pada nyeri yang mereka diderita. Kegiatan pelayanan fisioterapi ini langsung diberikan oleh tim dosen Fisioterapi UM Surabaya dan dibantu oleh beberapa mahasiswa sebagai bentuk pengalaman pembelajaran. Sebanyak 50 pasien mendaftar untuk mendapatkan pelayanan fisioterapi pada hari tersebut. 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan memberikan manfaat pada masyarakat tentang keluhan gerak dan fungsi tubuhnya, dan lebih mengenalkan prodi fisioterapi dan Fakultas Ilmu Kesehatan di masyarakat luas.