Jurnal FIK UMSurabaya

FAKTOR DOMINAN PADA KEJADIAN SIBLING RIVALRY PADA ANAK USIA PRASEKOLAH

Oleh: 

Afrinda Lailya Hanum, Abdul Aziz Alimul Hidayat

Objective:    Sibling merupakan  masalah  yang  sering  terjadi  pada  anak  usia  prasekolah. Beberapa faktor penyebab sibling rivalry diantaranya adalah faktor internal dan eksternal, faktor internal yaitu perbedaan usia, jenis kelamin, urutan kelahiran, kepribadian tempramen anak dan jumlah saudara kandung. Sedangkan faktor eksternal yaitu pola asuh orang tua, pengetahuan ibu, dan pengaruh orang luar. Tujuan penelitian ini adalah mengatahui faktor ominan yang mempengaruhi kejadian sibling rivalry pada anak usia 3-5 tahun di Wilayah Kelurahan Tambaksari.

Methods: Penelitian ini adalah analitik correlation dengan pendekatan croos sectional, populasi penelitian sebanyak 37 ibu yang mempunyai anak usia prasekolah. Sampel yang di gunakan 34 responden dengan menggunakan Simple Random Sampling. Tempat dilakukan penelitian di Wilayah Kelurahan Tambaksari. Data yang dikumpulkan menggunakan lembar kuisioner kemudian dianalisis secara statistic dengan uji Regresi Logistic Berganda dengan tingkat kemaknaan α <0,05.

Results: Hasil dari penelitian ini adalah faktor dominan yang mempengaruhi kejadian sibling rivalry adalah jenis pola asuh dengan hasil ρ = 0,043 < α = 0,05.

Conclusion: Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa kejadian sibling rivalry sangat  dipengaruhi oleh jenis pola asuh

Keywords: sibling rivalry, prasekolah, perbedaan usia, jenis kelamin, urutan kelahiran, jumlah saudara kandung, pola asuh.

File Journal: 

BULETIN

Jangan mau ketinggalan berita menarik dan update ! Pastikan untuk bergabung daftar buletin kami .

Hubungi Kami

Untuk mengetahui informasi lebih detail, silahkan hubungi FIK UMSurabaya.

Terhubung dengan kami

Kami berada di Jaringan Sosial. Ikuti kami & berhubungan.