Jurnal FIK UMSurabaya

PEMENUHAN KEBUTUHAN TIDUR LANSIA: TERAPI AKUPRESUR

Oleh: 

Ambarsari, Siti Aisyah

Kebutuhan tidur seseorang akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Kebutuhan tidur lanjut usia berkisar antara 6-7 jam per hari. Gangguan pemenuhan kebutuhan tidur adalah salah satu masalah yang dihadapi lansia. lanjut usia sering mengeluhkan gangguan ini akibat dari perubahan proses fisiologis dan biologis. Akupresur merupakan terapi nonfarmakologis untuk meningkatkan kebutuhan tidur. Tujuan dari penelitian ini  adalah untuk mengetahui pengaruh terapi akupresur terhadap pemenuhan kebutuhan tidur lansia di wilayah RW 11 Desa Sumberarum Dander Bojonegoro.

Penelitian ini adalah Pre-eksperimental One-group Pretest-Posttest Design. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling, terdiri dari 18 responden, diambil sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Variabel independen penelitian ini adalah terapi akupresur dan dependen adalah pemenuhan kebutuhan tidur. Data dikumpulkan dengan wawancara dan lembar kuisioner PSQI sebelum dan sesudah diberikan terapi akupresur kemudian dianalisis menggunakan uji statistik Wilxocon Sign Rank  test dengan tingkat signifikasi p < 0,05.

Hasil penelitian sebelum dilakukan terapi akupresur 13 (72%) lansia kebutuhan tidurnya agak buruk. Setelah dilakukan terapi akupresur 11 (73%) lansia kebutuhan tidurnya agak baik. Berdasarkan hasil uji statistik Wilcoxon Sign Rank test pada pre test dan post test didapatkan nilai p = 0.000 < α = 0.05, ini menunjukkan ada pengaruh antara terapi akupresur terhadap pemenuhan kebutuhan tidur lansia.

Berdasarkan hasil analisa data, dapat disimpulkan bahwa terapi akupresur berpengaruh terhadap peningkatan kebutuhan tidur lansia.

Kata Kunci : akupresur, kebutuhan tidur, lansia.

File Journal: 

BULETIN

Jangan mau ketinggalan berita menarik dan update ! Pastikan untuk bergabung daftar buletin kami .

Hubungi Kami

Untuk mengetahui informasi lebih detail, silahkan hubungi FIK UMSurabaya.

Terhubung dengan kami

Kami berada di Jaringan Sosial. Ikuti kami & berhubungan.