Jurnal FIK UMSurabaya

Pesan kesalahan

Deprecated function: The each() function is deprecated. This message will be suppressed on further calls dalam menu_set_active_trail() (baris 2405 dari /home/umsfik/public_html/includes/menu.inc).

PERILAKU MEROKOK DENGAN KEJADIAN STROKE

Oleh: 

Dienni Latifah, Supatmi

Objective: Stroke merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dijumpai dewasa ini. Data pasien di poli syaraf RSUD Haji Surabaya kasus stroke menduduki tiga besar. Beberapa faktor yang beresiko menimbulkan stroke antara lain hipertensi, pola hidup tidak sehat dan perilaku merokok.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku merokok dengan kejadian stroke di poli syaraf RSUD Haji Surabaya.

Methods: Penelitian ini merupakan analitik korelasional denganpendekatan case control dengan jumlah sampel sebanyak 76 responden, yang terdiri dari kelompok kasus dan kelompok kontrol.Tehnik sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Alat ukurnya adalah rekam medis pasien dan kuisioner, analisa yang dipakai uji Chi Square.

Results: Hasil penelitian sebagian besar responden kelompok kasus berjenis kelamin laki-laki sebanyak (74%), dengan usia terbanyak antara 44 – 48 tahun (32%) pada kelompok kontrol. Sebagian besar dari mereka mempunyai perilaku merokok sedang (55%). Dari jumlah tersebut ternyatasebagian besar (58%) terdiagnosis stroke iskhemik.

Conclusion: Hasil uji menunjukkan nilai significancy ρ= 0,506>α = 0,05 yang berarti tidak terdapat hubungan antara perilaku merokok dengan jenis stroke di poli syaraf RSUD Haji Surabaya.Kejadian stroke merupakan kompilasi dari berbagai faktor penyebab yang sangat banyak. Sehingga satu faktor saja yaitu perilaku merokok mungkin tidak cukup bisa menyebabkan terjadinya stroke.

Keywords: Perilaku merokok, kejadian stroke

File Journal: 

BULETIN

Jangan mau ketinggalan berita menarik dan update ! Pastikan untuk bergabung daftar buletin kami .

Hubungi Kami

Untuk mengetahui informasi lebih detail, silahkan hubungi FIK UMSurabaya.

Terhubung dengan kami

Kami berada di Jaringan Sosial. Ikuti kami & berhubungan.