Jurnal FIK UMSurabaya

TERAPI MUSIK INSTRUMENTAL CLASSIC: PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN STROKE

Oleh: 

Ahmad Afandi

Objective: Penderita stroke umumnya masih memiliki tekanan darah yang cukup tinggi di atas normal meskipun telah diberikan terapi pengobatan. Terapi musik instrumental classic adalah usaha meningkatkan kualitas fisik dan mental dengan rangsangan suara yang terdiri dari melodi, ritme, harmoni timbre, bentuk dan gaya yang diorganisir sedimikian rupa sehingga tercipta musik yang bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian terapi musik classic terhadap penurunan tekanan darah pasien stroke di ruang Graha Rawat Inap Utama RSUD Dr. H. M. Anwar Sumenep.

Methods: Peneilitian ini merupakan penelitian eksperiman dengan menggunakan desain penelitian Quasy-experimental,dengan menggunakan Accidental sampling dalam pengambilan respondennya, 9 responden untuk kelompok perlakuan dan 9 responden untuk kelompok kontrol.Results: Data dianalisis dengan uji willcoxon Mann Whitney untuk variabel penurunan tekanan darah dengan nilai kemaknaan α ≤ 0,05. Hasil dari penelitian selama 1 minggu pada kelompok perlakuan seluruhnya 9 reponden mengalami penurunan dari berat menjadi sedang (100%). Pada kelompok kontrol 6 responden dalam kriteria sedang dan 3 responden dalam kriteria berat.setelah dilakukan terapi musik instrumental classic, dengan ρ= 0,004 yang berarti ada pengaruh terapi musik instrumental classic terhadap penurunan tekanan darah.

Conclusion: Dengan adanya penelitian ini diharapkan pasien stroke dengan tekanan darah  tinggi  secara  rutin  meminum  obat  untuk  menurunkantekanan  darahnya  atau menggunakan cara alternative sebagai terapi pendamping obat dengan menggunakan terapi musik instrumental classic untuk menurunkan tekanan darah pasien stroke.

Keywords: Penurunan Tekanan Darah, Terapi Musik Instrumental Classic, stroke

File Journal: 

BULETIN

Jangan mau ketinggalan berita menarik dan update ! Pastikan untuk bergabung daftar buletin kami .

Hubungi Kami

Untuk mengetahui informasi lebih detail, silahkan hubungi FIK UMSurabaya.

Terhubung dengan kami

Kami berada di Jaringan Sosial. Ikuti kami & berhubungan.