Prodi

D3 Analis Kesehatan

Bahasa Indonesia

Status Terakreditasi BAN-PT No. 771/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/VII/2015

Program Studi D3 Analis Kesehatan merupakan program diploma kedua di Fakultas Ilmu Kesehatan, yang berdiri sejak tahun 2001. Salah satu Program Studi Analis milik Persayarikatan Muhammadiyah Pertama di Jawa Timur, saat ini mendapatkan nilai Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sebagai program studi yang menghasilkan tenaga analis, kini lulusan D3 Analis Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya cukup diperhitungkan dalam dunia kerja, terbukti sebagian besar terserap di pelayanan kesehatan baik pemerintah maupun swasta dan lulusanya banyak yang berkerja dengan masa tunggu kurang dari enam bulan.

Visi
Program Studi Diploma Tiga Analis Kesehatan sebagai program studi yang unggul dalam pengembangan kompetensi ahli madya analis kesehatan yang mengedepankan nilai moralitas, intelektual, dan berdaya sinergi serta memiliki keunggulan dalam bidang enterpreunership di bidang laboratorium kesehatan dan industri.

MISI

  1. Mengembangkan dan memajukan program pendidikan diploma analis kesehatan  dengan penguatan moralitas keagamaan, berdasarkan nilai-nilai ke-Islaman yang menghasilkan lulusan berkemampuan akademik, profesional dan berdaya sinergi.
     
  2. Mengembangkan inovasi dan penerapan teknologi di bidang pengelolaan laboratorium kesehatan  yang dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan manusia.
     
  3. Meningkatkan ketrampilan dalam tindakan analisa klinik dan industri berdasarkan ilmu pengetahuan dan tehnologi (IPTEK) serta iman dan taqwa (IMTAQ)
     
  4. Melaksanakan jiwa kewirausahaan dan pengabdian dalam bidang pengelolaan laboratorium kesehatan bagi terwujudnya masyarakat islam yang sebenar–benarnya.

 

Program Studi Diploma Tiga Analis Kesehatan bertujuan untuk :

  1. Menghasilkan Ahli Madya Analis Kesehatan (AMAK) yang tangguh, beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia dan memiliki pengetahuan agama islam yang luas dan mendalam serta berkepribadian muhammadiyah.
     
  2. Menguasai dasar ilmiah dan dasar profesi sehingga mampu berfikir dan bersikap serta bertindak sebagai ilmuwan dan profesional.
     
  3. Mampu menerapkan pengetahuan dan teknologi bidang ilmu analis kesehatan dalam kegiatan pelayanan kepada masyarakat.
     
  4. Menguasai dasar keilmuan dan pengetahuan serta metodologi bidang ilmu analis kesehatan, sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah analis kesehatan pada masyarakat Indonesia.
     
  5. Mampu mengelola upaya kesehatan secara professional sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.
     
  6. Mampu mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi ilmu analis kesehatan.

Berbagai peluang terbuka bagi lulusan D.3 Analis Kesehatan sebagai tenaga di berbagai pelayanan kesehatan (laboratorium), diantaranya: laboratorium klinik, sarana kesehatan RS, Puskesmas, BP, Perusahaan obat Farmasi makananan, serta industri Kosmetik.

Kampus Terpadu Jl.Sutorejo No.59, Surabaya 60113, Tlp : 031 - 3811966:133/132 analis:116, 3811967, Fax : 031 - 3811967, Email : d3analiskesehatan@gmail.com

BULETIN

Jangan mau ketinggalan berita menarik dan update ! Pastikan untuk bergabung daftar buletin kami .

Hubungi Kami

Untuk mengetahui informasi lebih detail, silahkan hubungi FIK UMSurabaya.

Terhubung dengan kami

Kami berada di Jaringan Sosial. Ikuti kami & berhubungan.