Riset

Bahasa Indonesia

Penerapan Ipteks  tahun 2009 Biaya DP2M Dijen
Dikti Depdiknas

Pelatihan Sistem Pembelajaran dengan Teknik Bermain Anak bagi Kader di Kelurahan Gading Kecamatan Tambak Sari Surabaya Untuk Meningkatkan Proses Belajar Pendidikan Anak Usia

Eni Sumarliyah 1, Suyatno HS 2, Pipit Festy W 3
1,2,3 Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan FIK Universitas Muhammadiyah Surabaya

Bermain sangat dibutuhkan bagi anak usia pra sekolah karena dengan kebutuhan bermain yan terpenuhi, anak akan merasa puas sehingga mampu memacu perkembangan psikologis anak. Akan tetapi hal tersebut harus didukung oleh peran orang tua baik dalam memenuhi kebutuhan waktu serta alat bermainnya.  Tujuan dari kegiatan ini adalah diharapkan para kader dan pengajar PAUD memiliki kemampuan pengajaram anak yang selektif dan berkualitas sesuai dengan perkembangan analk. Metode yang digunakan adalah pelatihan dengan  sistem pembelajaran melalui teknik bermain dengan empat tahap. Tahap pertama materi pengukuran tumbuh kembang, tahap kedua stimulasi, tahap ketiga teknik bermain dan tahap empat ketrampilan generik pada PAUD. Hasilnya terjadi peningkatan pengetahuan sebelum dan sesuah rata-rata 53% meningkat menjadi baik dari sebelumnya cukup pada pelatihan pertama, pada tahap pelatihan kedua meningkat 64 % , tahap ketiga 60% dan tahap keempat 53% dari semula cukup menjadi baik, sehingga perlu diadakan kegiatan serupa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kata Kunci : Pembelajaran, PAUD, Teknik bermain.


Penelitian Dosen Muda tahun 2007 Biaya DP2M Dijen
Dikti Depdiknas

Analisis Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Balita pada Keluarga Nelayan di Kecamatan Kenjeran Surabaya

A.Aziz Alimul Hidayat 1 & Musrifatul Uliyah 2
1,2 Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan FIK Universitas Muhammadiyah Surabaya

Pertumbuhan dan perkembangan anak adalah salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengetahui derajat kesehatan anak. Dengan penilaian status pertumbuhan dan perkembangan dapat mengidentifikasi berbagai masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat ganggauan pertumbuhan dan perkembangan. Gangguan tersebut antara lain gagal tumbuh, menurunnya kreatifitas anak, menurunnya kecerdasan anak, terajadinya penyakit yang lazim pada anak. Akbat gangguan tersebut akhirnya dapat menyebabkan penurunnan kemajuan generasi bangsa dimasa akan datang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji status pertumbuhan dan perkembangan anak balita pada keluarga nelayan serta faktor yang memengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional yaitu penelitian berusaha menggalai berbagai informasi pertumbuhan dan perkembangan anak balita pada keuarga nelayan di kecamatan Kenjeran. Sampel penelitian inii adalah anak balita keluarga nelauyan sejumlah 145 anak. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling dengan cara observasi, dan wawancara serta menggunakan kuesioner. Alat ukur yang digunakan adalah Denver Development Screning tes untuk mengetahui perkembangan serta kurva pertumbuhan untuk mengetahui pertumbuhan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan untuk mengetahui factor pengaruh dilakukan uji regresi logistic. Hasil penelitian didapatkan 24,8 % anak balita mengalami pertumbuhan terganggu, dan 4,8 % mengalami perkembangan menyimpang. Sedangkan factor yang berpenharuh adan status gizi dengan nilai signifikasi 0,000  dengan α : 0,05 dan CI : 95%.
Kesimpulan yang didapat hasil penelitian adalah sebagian besar anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan norma, sedangkan pengaruh kuat dalam status pertumbuhan dan perkembangan adalah status gizi.

Kata Kunci : Pertumbuhan, perkembangan, anak balita


Penelitian Dosen Muda tahun 2007 Biaya DP2M Dijen
Dikti Depdiknas

Pola Peningkatan Angka kejadian Autisme pada Balita di Kota Surabaya

                         Nur Mukarromah 1,  Pipit Festy W 2, Fahrun Nur Rosyid 3
1,2,3 Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan FIK Universitas Muhammadiyah Surabaya

 

Gangguan autisme pada anak timbul sebelum usia 36 bulan dan meliputi tiga gejala utama yaitu kegagalan dalan interaksi sosial, komunikasi verbal dan non verbal serta terbatasnya minat dan tingkah laku yang berulang. Jumlah penyandang autisme diperkirakan hanya 2-5 per 10.000 kelahiran, kemudian meningkat menjadi 15-20 per 10.000 kelahiran. Data terakhir dari konferensi dunia autisme tahun 2000 menunjukkan peningkatan sekitar 60 per 10.000 kelahiram atau 1: 250 anak. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pola peningkatan kejadian autisme pada balita dari tahun ketahun kota Surabaya. Manfaat dari peelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi ilmiah pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama berkaitan dengan peningkatan kejadian autisme di kota Surabaya.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif observasional dengan disain cross sectional pengumpulan data dengan kuesioner dan studi dokumenter. Pelaksanaan di RS Dr Soetomo Surabaya dan Sekolah Autis Cakra Surabaya. Penyajian data menggunakan diagram dan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan pola peningkatan adalah sirkel atau peningkatan yang tidak ajeg, yaitu terjadi peningkatan  kasus autis dari tahun 1997 sampai 2002 kenaikan lebih dari 7 kali, kemudian menurun dan meningkat lagi seiiring dengan banyaknya fasilitas penanganan autis di Surabaya. Perbandingan antara pasien laki dan perempuan 3:1. oleh karena itu perlu diketahui gejala secara dini sehingga dapat ditangani lebih awal. Perlu juga adanya sosialisasii oleh petugas kesehatan  kepada masyarakat tentang tanda dan gejala serta penanganannya.

Kata Kunci : autisme


Penelitian Dosen Muda tahun 2007 Biaya DP2M Dijen
Dikti Depdiknas

Daya Hambat Rebusan Kulit Buah Delima Putih Terhadap Pertumbuhan Candinda Albicans di Laboratorium (Invitro)

Nastiti Kartikorini 1, Diah Ariana 2
1,2 Dosen Program Studi D3 Analis Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Surabaya

 

Candinda merupakan salah satu spesien jamur yang ada di dalam tubuh manusia, hidup sebagai  jamur flora normal, Candinda juga termasuk flora normal dari kulit, vagina, tenggorokan dan tinja manusia, jamur ragi ini bersifat oportunistik yaitu sifat normal menjadi pathogen dengan faktor presdisposisi yaitu mikosis atau yang menginvasi kedalam jaringan menyerang ke dalam tubuh yang lemah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji daya hambat rebusan kulit buah delima putih terhadap pertumbuhan Candinda Albican. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ekperimen laboratorium dengan populasi pasien Candidiasis yang periksa di BLK Surabaya tahun 2005-2006 dengan sampel 3 sampel pasien Candida Albican. Hasil penelitian ini adalah konsentrasi 0,0195% MIC (minimal inhibitory Concentration), batas hambat pertumbuhan Candida Albicans dan konsentrasi 0,0391% MMC yaitu Minimal Micosidal Concentration batas mematikan terhadap pertumbuhan Candinda Albicans.

Kata Kunci : Daya hambat, buah delima putih, Candinda Albicans


Penelitian Dosen Muda tahun 2006 Biaya DP2M Dijen
Dikti Depdiknas

Sunah Nabi Muhammad SAW ALternatif Materi Pendidikan Kesehatan di Pondok Pesantren Al Fatah Sidoarjo

Aziz Setiawan 1, Oedojo Soedirham 2, Ruspeni Daesusi 3
1,3 Dosen Program Studi D3 Analis Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Surabaya
2 Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya

 

Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang sesuai dengan budaya masyarakat, demikian juga pendidikan kesehatan masyarakat pesantren harus disesuaikan dengan budaya masyarakat pesantren. Salah satu budaya masyarakat pesantren adalah berkenaan dengan sunah/perilaku/jalan hidup Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini bertujuan menguraikan pengetahuan dan sikap para santri terhadap sunah/perilaku hidup Nabi Muhammad SAW yang berhubungan dengan masalah kesehatan untuk membantu pendidikan kesehatan para santri. Metode penelitian ini adalah observasional dengan rancangan cross sectional  dengan populasi santri di pesantren Al Fattah yang berjumlah 227 santri di Desa Banjar Sari Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Sampel penelitian sejumlah 75 santri yang diambil secara Accidental sampling dan analisis data yang digunakan adalah analisa deskritptif dengan distribusi frekuensi.  Hasil penelitian didapatkan sebesar 91,2% santri memiliki sikap positif terhadap sunah nabi Muhammad SAW.

Kata Kunci : Sunah Nabi Muhammad SAW, Pesantren, Pendidikan Kesehatan


Kuliah Kewirausahaan tahun 2006 Biaya DP2M Dijen
Dikti Depdiknas

Program Pengembangan Budaya  Kewirausahaan di Perguruan Tinggi

Mundzakir 1
1 Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan FIK Universitas Muhammadiyah Surabaya

 

Kuliah kewirausahaan merupakan salah satu upaya dari Universitas Muhammadiyah Surabaya agar  para lulusannya tidak hanya bergantung pada pekerjaan sektor formal bidang ilmunya saja, namun diharapkan setelah mengikuti kuliah kewirausahaan para lulusan dapat termotivasi untuk membuat usaha tersendiri dan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri secara mandiri ataupun kelompok baik sesuai dengan ilmu maupun tidak. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah ceramah, simulasi, kujungan lapangan atau pembelajaran kasus. Jumlah instruktur 6 orang, tim pelaksana 7 orang, 1 orang sebagai narasumber untuk memberikan kuliah tamu, jumlah peserta 113 mahasiswa kemudian diseleksi berdasarkan nilai tes menjadi 60 orang mahasiswa, tujuan yang dicapai dalam kuliah kewirausahaan ini adalah agar dalam proses pembelajaran dilaksanakan berhasil guna dan tepat guna, sehingga lulusan dihasilkan siap bekerja dan mampu bekerja. Evaluasi pembelajran dilakukan dengan cara memberikan soal-soal ujian sebelum dilakukan dilakukan pre tes dan diakhir post tes. Hasilnya 88% belum mengetahui kuliah kewirausahaan sebelum kegiatan dan 5% mengaku sudah pernah, 74% ingin mengetahui kuliah kewirausahaan dan 69% ingin berwirausaha dan 63 % ingin mengembangkan kewirausahaan dibidang jasa kegiatan.

Kata Kunci : Kuliah kewiraushaan

BULETIN

Jangan mau ketinggalan berita menarik dan update ! Pastikan untuk bergabung daftar buletin kami .

Hubungi Kami

Untuk mengetahui informasi lebih detail, silahkan hubungi FIK UMSurabaya.

Terhubung dengan kami

Kami berada di Jaringan Sosial. Ikuti kami & berhubungan.